Memulai Product Marketing yang Kita Jual di Social Media

Di era modern ini, kebutuhan masyarakat di Indonesia cukup besar. Mereka mencari keefisienan waktu untuk membeli suatu product/barang yang dibutuhkan. Baik itu pakaian, makanan, ataupun sepatu. Keefisienan waktu disini ialah tidak perlunya mereka untuk keluar rumah dan mencari barang-barang tersebut. Kita sendiri menyadari, era internet di dunia sedang maju-majunya. Hampir semua orang memberlakukan internet sebagai kebutuhan yang penting di dalam kehidupannya. Apalagi, internet memiliki berbagai manfaat untuk menunjang kehidupan masyarakat yang ada saat ini. Mulailah muncul berbagai macam social media di dunia, berbagai jenis media social menawarkan kelebihan yang dimiliki. Semua transaksi dari ekonomi (baik jual-beli, pasar saham), mengetahui berita terbaru (dari gossip, poltic), ataupun me”tag“an undangan pernikahan di internet sekarang ini bukan hal yang mustahil dilakukan. Sehingga, media ini terus dipergunakan oleh masyarakat secara continue.

Keuntungan yang di tawarkan social media sangatlah mudah, kita dapat memberikan informasi secara langsung terhadap khalayak ramai, baik mereka keluarga, sahabat, teman atau bahkan orang yang tidak kita ketahui sekalipun. Social Media, bisa dikatakan sebagai TREND yang menjamur di kalangan masyarakat. Hampir semua orang memiliki account di salah satu social media yang ada. Dengan begitu, memasarkan suatu product atau barang tidaklah terlalu sulit. Tidak perlu lagi kita keluar rumah, mengetuk pintu orang untuk menawarkan setiap barang atau product yang kita jual. Kita hanya membutuhkan satu perangkat komputer, internet (yang sekarang ini banyak brand interntet menawarkan harga murah), dan account di social media. Lalu, bagaimana dengan orang yang ingin memulai marketing di media inu tetapi belum memiliki pengalaman? Apakah ada cara atau tehnik untuk memulainya?

Dari beberapa informasi dan buku yang saya baca, ada beberapa cara atau tehnik yang sangat penting untuk kita ketahui bagaimana memulai social media marketing ini. Berikut beberapa tehnik yang harus dimiliki oleh sebuah social media marketers :

1. Account Social Media

    Anda dapat membuat account di beberapa social media yang menurut anda dapat dijadikan sebuah peluang untuk menarik para customers. Di Indonesia sendiri telah banyak social media untuk menunjang jual beli, seperti di FJB Kaskus (karena saya menggunakan media ini untuk jual beli), Facebook, Blogger, dan lain-lain. Setelah anda miliki, anda dapat mulai meng-add atau me-follow teman-teman yang dikenal atau anda dapat mengikuti pembicaraan yang dilakukan oleh orang lain, atau bahkan memperkenalkan diri anda dan tujuannya anda. Apabila para makaters telah memiliki account dan menggunakan beberapa social media yang ada, itu merupakan suatu permulaan yang sangat bagus, teman atau followers yang anda miliki dapat anda jadikan sasaran customers anda.

2. Membuat Product Marketing Menarik dan Jelas

    Di dalam social media marketing, product kita tidak dapat dilihat secara langsung oleh customers. Sehingga, kata-kata dan gambar foto lebih banyak dipergunakan dalam marketing ini. Buatlah kata-kata semenarik mungkin untuk mengajak customers anda untuk melihat dan membeli product anda dan jangan lupa gambar product juga penting untuk diletakan di social media. Sehingga, secara tidak langsung customers melihat product kita tersebut, Jangan lupa meletakan nomor telepon yang dapat dihubungi, YM ataupun e-mail.

3. Mengecheck Social Media Secara Berkala

    Apabila sudah mulai berbisnis di dalam social media ini, janganlah anda berhenti dan tidak mengecheck situs atau thread anda, karena anda telah berfikir telah meletakkan nomor telepon anda. Check lah media anda. Teruslah promosi di kalangan teman-teman anda (kalau di FB). UP lah thread anda (kala di FJB kaskus) atau sebarkan link blog anda ke email teman-teman anda (kalau di Blogspot atau wordpress). Intinya, buatlah social media anda aktif mempromosikan product yang anda jual.

4. Berinteraksi dengan Baik

    Buatlah interaksi yang baik dan hangat ke customer anda. Usahakan berhubungan baik dan memberikam service yang baik pula, dimana nantinya customer anda mungkin akan kembali membeli product anda. Menjalin silaturahmi dengan para customer apa salahnya, anggap sebagai teman anda.

Semoga penjelasan tehnik diatas dapat membantu kalian dalam memulai atau menjalankan Social Media Marketing. Kesimpulannya ialah gunakanlah dengan bijak Social Media yang ada, apa salahnya menjadikan media social tersebut sebagai media promosikan barang dagangan anda. Jangan takut untuk mencoba asalkan kita dapat menjalankannya dengan baik. Insya Allah. kesuksesan yang akan anda dapatkan. Selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s